Selasa, 12 Mei 2020

R P P Terbaru (1 Lembar)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                                    : SMPN 3 Ile Ape Timur Satap Hamahena

Mata Pelajaran                          : Matematika

Kelas/Semester                         : VII / Genap

Materi Pokok                            : AritmatikaSosial

Alokasi Waktu                           : 160 Menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan guru, peserta didik dapat

·         Mengenal fenomena atau aktivitas yang terkait dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

·         Memahami harga penjualan dan harga pembelian

 

B.    Media Pembelajaran & Sumber Belajar

Media: Laptop, LCD, Power Point, Internet

Sumber Belajar: As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VII.Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

C.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Harga penjualan dan pembelian.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Harga penjualan dan pembelian.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Harga penjualan dan pembelian.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Harga penjualan dan pembelian. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

C.    ASESMEN (PENILAIAN)

1.     Pengetahuan

Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran), Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan PercakapandanPenugasan (Lihat Lampiran)

2.     Keterampilan

Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Proyek (Lihat Lampiran, Penilaian Produk (Lihat Lampiran, Penilaian Portofolio

 

……………,……………..

 

Mengetahui

Kepala Sekolah ………….                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

……………………………………                                       …………………………….

NIP:                                                                              NIP:


1 komentar:

BIMTEK AKM SMP

https://sim-gurubelajar.simpkb.id/?ticket=ST-04361bc764a6a4c00-CAS4236690#/beranda/4 http://www.gurudikdaslamongan.id/2021/01/bimtek-akm-smp...